Thursday, April 14, 2016

Dampak positif dan atau negatif dari Teknologi Komunikasi dalam kehidupan masyarakat



Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat segalanya serba ingin cepat dan instan. Teknologi sebagai peralatan yang memudahkan kerja manusia membuat budaya ingin selalu dipermudah dan menghindari kerja keras maupun ketekunan. Teknologi juga membuat seseorang berpikir tentang dirinya sendiri. Jiwa sosialnya melemah sebab merasa bahwa tidak memerlukan bantuan orang lain jika menghendaki sesuatu, cukup dengan teknologi sebagai solusinya.
Terfokus kepada aspek sosial, perkembangan teknologi komunikasi bisa membuat individu menjadi bersifat anti sosial. Ini dikarenakan karena individu tersebut merasa telah mencukupi aspek sosial hanya dengan berkomunikasi melewati teknologi yang sudah ada tanpa memperhatikan lingkungan sosial disekitar individu tersebut. Terkadang seorang individu merasa sibuk sendiri dengan kemajuan teknologi yang berkembang sangat pesat ini. Dengan adanya kemajuan teknologi ini individu tersebut merasa nyaman dan lengkap hanya dengan aktif dan eksis berada di dunia kemajuan teknologi komunikasi ini yang sekarang lebih identik dengan dunia maya.
Pada pembahasan ini lebih terfokus ke dalam internet atau jaringan media sosial yang berada di internet yang merupakan salah satu bagian dari perkembangan teknologi komunikasi yang sangat pesat pada saat sekarang ini. Media sosial sangat gencar dan sangat tren di kalangan masyarakat pada saat sekarang ini. Masyarakat berlomba-lomba memiliki jaringan dan aktif di dalam media sosial agar terlihat eksis dan tidak ketinggalan informasi yang beredar. Media sosial ini bisa berupa twitter, facebook, tumblr, blog, instagram, path, dan banyak lagi jenis media sosial yang setiap saat selalu berkembang dan bahkan muncul jenis-jenis baru dari media sosial tersebut.
Berbicara tentang kemajuan teknologi yang pada hal ini lebih terfokus kepada media sosial, tentu memiliki dampak yang positif dan negatif dari perkembangannya tersebut. Diantara dampak positif yang bisa di dapat adalah :
  • Sebagai media penyebaran informasi
Informasi yang up to date sangat mudah menyebar melalui situs jejaring sosial. Hanya dalam tempo beberapa menit setelah kejadian, kita telah bisa menikmati informasi tersebut. Ini sangatlah bermanfaat bagi kita sebagai manusia yang hidup di era digital seperti sekarang ini. Cakrawala dunia serasa berada dalam sentuhan jari kita.
  • Sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan dan sosial
Mengasah keterampilan teknis dan sosial merupakan kebutuhan yang wajib dipenuhi agar bisa bertahan hidup dan berada dalam neraca persaingan diera modern seperti sekarang ini. Hal ini sangatlah penting, tidak ada batasan usia, semua orang butuh untuk berkembang.
  • Memperluas jaringan pertemanan
Dengan menggunakan jejaring sosial, kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja, bahkan dengan orang yang belum kita kenal sekalipun dari berbagai penjuru dunia. Kelebihan ini bisa kita manfaatkan untuk menambah wawasan, bertukar pikiran, saling mengenal budaya dan ciri khas daerah masing-masing, dll. Hal ini dapat pula mengasah kemampuan berbahasa seseorang. Misalnya, belajar bahasa inggris dengan memanfaatkan fasilitas call atau video call yang disediakan di situs jejaring sosial.
Beberapa dampak positif dari media sosial tersebut sangatlah berguna bagi kehidupan di masa sekarang. Dimana media sosial yang sudah ada sangat bisa di kembangkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing dan sangat berguna apabila digunakan sebagai mestinya dan tidak melakukan pelanggaran yang dapat merugikan orang lain.
Namun dengan adanya media sosial tidak hanya menimbulkan dampak positif bagi kehidupan sosial masyarakat. Perkembangan tersebut juga mempunyai dampak negatif diantaranya :
  • Kejahatan dunia maya (cyber crime)
Seiring berkembangnya teknologi, berkembang pula kejahatan. Didunia internet, kejahatan dikenal dengan nama cyber crime. Kejahatan dunia maya sangatlah beragam. Diantaranya, carding, hacking, cracking, phising, dan spamming.
  • Melemahkan dan menurunkan sensitifitas
Penurunan sensitifitas yang dimaksud disini adalah menurunnya tingkat simpati dan empati seseorang terhadap dunia nyata. Dengan jejaring sosial, seseorang cenderung melupakan dunia nyata dan tenggelam didalam dunia maya. Merenggangkan dan mengabaikan sesuatu yang terjadi disekitarnya dan lebih memilih untuk memperhatikan sesuatu yang terjadi didunia maya.
Contoh kasus yang relevan yang bisa kita lihat pada saat sekarang ini terhadap penggunaan media massa adalah dengan adanya media sosial yang sangat berkembang dengan segala macam jenisnya ini, membuat yang jauh menjadi dekat dan yang dekat menjadi jauh. Hal ini bisa terlihat ketika orang menggunakan media sosial sering terlihat aneh, contohnya, seseorang sedang twitteran dengan temannya dan berbincang-bincang di twitter, padahal mereka duduk bersebalahan, mereka lebih memilih berbincang-bincang di twitter daripada berbicara langsung dengan alasan biar terlihat lebih eksis dan memperbanyak jumlah tweet mereka masing-masing. Contoh kasus seperti ini merupakan kemajuan teknologi yang mengakibatkan perubahan komunikasi manusia membentuk eksistensi kehidupan manusia.
Beberapa hal yang telah diuraikan di atas merupakan hal-hal yang bisa kita telaah dengan baik dan dipilah mana yang baik sesuai dengan kehidupan di masyarakat. Media sosial yang telah ada dan berkembang pesat pada saat sekarang ini dapat digunakan dengan baik dan dapat menguntungkan diri sendiri dan orang lain. Namun akan menjadi bahaya terhadap diri sendiri dan orang lai apabila tidak kita gunakan sebagai mana mestinya. Alangkah lebih baik kita menggunakan media sosial dengan baik dan berguna bagi diri sendiri dan orang lain dan menjadi pengguna kemajuan teknologi yang baik.
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

0 Pendapat:

Post a Comment