Monday, April 18, 2016

Hukum Newton I, II , III



HUKUM I NEWTON
Hukum I newton menyatakan : “ apabila resultan gaya yang bekerja pada suatu benda sama dengan nol atau tidak ada gaya yang bekerja pada benda maka benda akan bergerak terus dengan kelajuan tetap pada lintasan lurus (GLB) atau tetap diam. Secara matematis hokum I newton dinyatakan dengan:  F = 0 .
Hokum I newton dapat diartikan jika sesuatu benda mula-mula diam maka benda selamanya diam. Benda bergerak jika benda itu diberi gaya luaar, misalnya mobil-mobilan diam jika didorong atau ditarik menjadi bergerak. Sebaliknya jika benda sedang bergerak maka benda selamanya bergerak, kecuali ada gaya yang menghentikan nya, misalnya mobil-mobilan yang bergerak ditahan atau ada gaya gesekan maka akan berhenti.
Hokum I newton mengungkapkan tentang sifat benda yang cenderung mempertahankan keadaannya atau dengan kata lain sifat kemalasan benda untuk mengubah kedudukannya. Sifat ini disebut kelembaman atau inersia benda. Oleh karena itu, hokum I newton disebut juga hokum kelembaman. Kelembaman atau inersia benda dipengaruhi oleh massa benda. Makin besar massa benda maka makin besar inersia benda. Jika massa benda besar, maka benda sukar dipercepat atau sukar di ubah geraknya. Sebaliknya, jika massa benda kecil maka benda mudah dipercepat atau mudah diubah geraknya. Oleh karena massa mempengaruhi inersia maka sering disebut massa adalah ukuran kelembaman benda. Artinya massa benda  terhadap segala usaha yang akan membuatnya mulai bergerak, berhenti, atau segala perubahan pada keadaan geraknya.

HUKUM II NEWTON
Hukum II newton menyatakan : “percepatan yang dihasilkan oleh resultan gaya yang bekerja pada suatu benda sebanding dengan resultan gaya, searah dengan resultan gaya, dan berbanding terbalik dengan massa  benda”. Secara matematis hukum II newton dinyatakan dengan,,
a = F/m atau F=m.a
ket.
a =percepatan (m/s2)
F = resultan gaya (N)
m = massa benda (kg)
Satuan gaya F dalam SI adalah newton (N). hubungan antara massa dan berat benda sebagai berikut.
W = m.g
Perbedaan antara massa dan berat :
Massa
Berat
Menyatakan banyak pada zat pada benda.
Menyatakan besar gaya tarik bumi pada benda.
Di semua tempat harganya sama.
Harganya tergantung g setempat.
Merupakan besaran scalar.
Merupakan besaran vector.
Satuan SI (kg).
Satuan SI (N).
Dapat diukur dengan neraca ohaus.
Dapat diukur dengan neraca pegas.


HUKUM III NEWTON
Hokum III newton menyatakan: “ jika benda pertama mengerjakan gaya pada pada benda kedua, benda kedua akan mengerjakan gaya pada benda pertama, yang besarnya sama tetapi arahnya berlawanan”. Hukum tersebut diartikan bahwa gaya hanya hadir jika sedikitnya ada dua benda yang saling berinteraksi. Pada interaksi ini gaya-gaya selalu berpasangan. Jika benda a mengerjakan gaya pada benda b, benda b juga akan mengerjakan gaya pada benda a.
Satu gaya disebut gaya aksi dan gaya lainnya disebut gaya reaksi. Gaya aksi dan reaksi terjadi bersamaan sebagai akibat interaksi dua benda. Konsep aksi-reaksi sebagai berikut
1.      Pasangan aksi- reaksi hadir jika dua benda berinteraksi
2.      Aksi dan reaksi bekerja pada duabenda yang berbeda
3.      Aksi dan reaksi sama besar tetapi berlawana arah
Secara matematis, hukum III newton dapat dinyatakan:
Freaksi= -Fkasi
Berdasarkan konsep aksi-reaksi, hukum III newton dinyatakan sebagai berikut. Gaya aksi dan reaksi sama besar tetapi berlawanan arah, dan bekerja pada dua benda yang berbeda.
Beberapa aplikasi hukum III newton dalam kehidupan sehari- hari sebagai berikut.
*      Seseorang memakai sepatu roda menghadap tembok. Jika orang tersebut mendorong tembok, maka tembok mendorongnya dengan gaya berlawanan sehingga ia terdorong kebelakang.
*      Saat kita menekan ujung meja dengan tangan, berarti kita mengerjakan gaya pada meja. Dapat rasakan bahwa ujung meja menekan tangan kita, makin kuat meja menekan tangan kita sehingga tangan kita terasa sakit.
*      Ketika kaki penari menolak papan start ke belakang, maka papan start mendorong pelari ke depan, sehingga pelari dapat melaju ke depan.

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

0 Pendapat:

Post a Comment